Selasa, 09 Juni 2015

ADVANCE SQL 2




MODUL 10
ADVANCE SQL 2


A. Tujuan Mahasiswa mampu menggunakan select statements besertaoptions-nya untuk mencari, mengolah, dan menampilkan data yang ada di basis data sesuai dengan kebutuhannya.


B. Dasar Teori • IN Contoh: SELECT* FROM rekening WHERE kode_cabang IN (‘BRUM’, ‘BRUL’); • NOT IN Contoh: SELECT* FROM rekening WHERE kode_cabang NOT IN (‘BRUS’, ‘BRUM’); • BETWEEN Contoh: SELECT* FROM rekening WHERE saldo BETWEEN 500000 AND 1000000; • NOT BETWEEN Contoh: SELECT* FROM rekening WHERE saldo NOT BETWEEN 500000 AND 1000000; • AGGREGATE FUNCTIONS Fungsi-fungsi untuk aggregate: • MIN( ) Digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan record. Contoh: SELECT MIN(saldo) FROM rekening; • MAX( ) Digunakan untuk mencari nilai terbesar dari sekumpulan record. Contoh: SELECT MAX(saldo) FROM rekening; • COUNT( ) Digunakan untuk menghitung banyaknya record. Contoh: SELECT COUNT(nama_nasabah) FROM nasabah; • SUM( ) Digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dari sekumpulanrecord. Contoh: SELECT SUM(saldo) FROM rekening; • AVG( ) Digunakan untuk menghitung rata-rata nilai dari sekumpulanrecord. Contoh: SELECT AVG(saldo) FROM rekening; • GROUP BY Digunakan untuk mengelompokkan sekumpulan recordberdasarkan (kolom-kolom) tertentu. Contoh: 
SELECT jenis_transaksi FROM transaksi GROUP BY jenis_transaksi; • HAVING Merupakan pasangan dari GROUP BY, digunakan untuk membatasi kelompok yang ditampilkan: 
SELECT jenis_transaksi, tanggal FROM transaski GROUP BY jenis_transaksi, tanggal  HAVING jenis_transaksi=’kredit’; • GROUP BY dan AGGREGATE GROUP BY sangat cocok untuk aggregate functions. Dengan menggunakan GROUP BY, kita bisa mengelompokkan record-record dan menghitung min, max, count, sum dan avg untuk masing-masing kelompok. Contoh: 
SELECT kode_cabang, MIN(saldo), MAX(saldo), COUNT(*), SUM(saldo), AVG(saldo) FROM rekening GROUP BY kode_cabang;

C. Alat dan Bahan 1. Komputer dengan sistem operasi Windows 7. 2. Program aplikasi PostgreSQL 9.3. 3. Modul Praktikum Sistem Basis Data.  


D. Langkah Kerja 1. Tampilkan nama nasabah, jenis transaksi, dan rata-rata jumlah transaksi (dalam rupiah) untuk tiap nasabah yang telah melakukan transaksi dan diurutkan berdasarkan rata-rata jumlah transaksi dengan kode berikut: • SELECT nasabah.nama_nasabah AS “Nama Nasabah”, transaksi.jenis_transaksi AS “Jenis Transaksi”, AVG(transaksi.jumlah) AS “Rata-rata (Rp)” FROM transaksi, nasabah WHERE nasabah.id_nasabah=transaksi.id_nasabahFK GROUP BY nasabah.nama_nasabah, transaksi.jenis_transaksi ORDER BY “Rata-rata (Rp)”;
  


2. Tampilkan nama nasabah, jenis transaksi, banyaknya transaksi, dan total jumlah transaksi    (dalam rupiah) untuk tiap nasabah yang telah melakukan transaksi debit pada bulan Desember 2009 dan diurutkan berdasarkan total jumlah transaksi dari yang terbesar sampai terkecil dengan kode berikut: • SELECT nasabah.nama_nasabah AS “Nama Nasabah”, transaksi.jenis_transaksi AS “Jenis Transaksi”, COUNT(transaksi.jumlah) AS “Jumlah Transaksi”, SUM(transaksi.jumlah) AS “Jumlah (Rp)” FROM transaksi, nasabah WHERE nasabah.id_nasabah=transaksi.id_nasabahFK GROUP BY nasabah.nama_nasabah, transaksi.jenis_transaksi ORDER BY “Jumlah Transaksi” DESC;  


3. Tampilkan nama cabang bank, jenis transaksi, total jumlah transaksi (dalam rupiah), dan banyaknya transaksi yang telah dilayani oleh tiap cabang bank dan diurutkan berdasarkan nama cabang bank dan jenis transaksi dengan kode berikut:
• SELECT cabang_bank.nama_cabang AS “Nama Cabang”, transaksi.jenis_transaksi AS “Jenis Transaksi”, SUM(transaksi.jumlah) AS “Jumlah (Rp)”, COUNT(transaksi.jumlah) AS “Jumlah Transaksi” FROM transaksi, cabang_bank, rekening WHERE cabang_bank.kode_cabang=rekening.kode_cabangFK AND rekening.no_rekening=transaksi.no_rekeningFK GROUP BY cabang_bank.nama_cabang, transaksi.jenis_transaksi ORDER BY cabang_bank.nama_cabang, transaksi.jenis_transaksi;

  4. Tampilkan nama cabang bank, jenis transaksi, dan rata-rata jumlah transaksi (dalam rupiah) untuk semua transaksi yang memiliki rata-rata jumlah transaksi di atas Rp 100.000 dan diurutkan berdasarkan nama cabang ban dengan kode berikut:
• SELECT cabang_bank.nama_cabang AS “Nama Cabang”, transaksi.jenis_transaksi AS “Jenis Transaksi”, AVG(transaksi.jumlah) AS “Rata-rata (Rp)” FROM transaksi, cabang_bank, rekening GROUP BY cabang_bank.nama_cabang, transaksi.jenis_transaksi, rekening.kode_cabangFK, cabang_bank.kode_cabang, transaksi.no_rekeningFK, rekening.no_rekening HAVING rekening.kode_cabangFK=cabang_bank.kode_cabang AND transaksi.no_rekeningFK=rekening.no_rekening AND AVG(transaksi.jumlah) > 100000 ORDER BY cabang_bank.nama_cabang;
    
  5. Tampilkan nama nasabah dan banyaknya transaksi yang telah dilayani oleh Bank Rut Unit Surakarta dari 15 November 2009 sampai 1 Desember 2009 dan diurutkan berdasarkan nama nasabah dengan kode berikut:
• SELECT nasabah.nama_nasabah AS “Nama Nasabah”, COUNT(transaksi.jumlah) AS “Jumlah Transaksi” FROM transaksi, cabang_bank, rekening, nasabah WHERE rekening.kode_cabangFK=cabang_bank.kode_cabang AND transaksi.no_rekeningFK=rekening.no_rekening AND transaksi.id_nasabahFK=nasabah.id_nasabah AND transaksi.tanggal BETWEEN ‘2009-11-15’ AND ‘2009-12-1’ AND cabang_bank.nama_cabang=’Bank Rut Unit Surakarta’ GROUP BY nasabah.nama_nasabah ORDER BY nasabah.nama_nasabah;

 
E. Analisa Dari praktikum tersebut, dapat saya simpulan bahwa menampilkan record-record tertentu ada beberapa alternatif perintah yang digunakan. Jadi, kita bisa memilih perintah mana yang akan digunakan tergantung kebutuhan dan efektivitas.  

F. Tugas 
1. Tampilkan jumlah transaksi yang ditangani oleh masing-masing cabang bank!
  

2. Tampilkan nama nasabah dan jumlah saldo yang memiliki saldo antara Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000!


3. Tampilkan nama nasabah, tanggal transaksi, dan jumlah transaksi dalam Rp di mana jumlah transaksi di atas Rp 100.000 dan urutkan berdasarkan jumlah transaksi dari yang besar ke yang kecil!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar